Berikut saya bagikan contoh membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Daring ( RPP ) daring, sesuai dengan kondisi Pandemi sekarang ini. Mungkin di antara bapak dan ibu ada yang membutuhkan.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING
Kelas/Semester : VI / genap
Tema : 6. Menuju Masyarakat Sejahtera
Subtema : 2. Membangun Masyarakat Sejahtera
Muatan Terpadu : PPKn, Bahasa Indonesia, IPS,
Pembelajaran : 1
A.Tujuan Pembelajaran
1. Dengan kegiatan membaca tentang hak sebagai warga negara yang dikirim melalui grup
Whatsapp/classroom, siswa dapat menjelaskan hak sebagai warga negara Indonesia dengan tepat.
2. Dengan kegiatan berlatih menentukan kalimat utama dan gagasan utama, siswa dapat menentukan
2. Dengan kegiatan berlatih menentukan kalimat utama dan gagasan utama, siswa dapat menentukan
kalimat utama dan gagasan utama dalam bacaan teks non fiksi yang dibagikan melalui grup
Whatsapp/classroom dengan tepat.
3. Dengan kegiatan berdiskusi di rumah Bersama keluarga/orang tua tentang ketentuan pasal-pasal ,
3. Dengan kegiatan berdiskusi di rumah Bersama keluarga/orang tua tentang ketentuan pasal-pasal ,
siswa dapat menuliskan pasal-pasal dalam Undang-Undang Dasar 1945 yang mengatur tentang hak
warga negara Indonesia dengan tepat.
4. Dengan kegiatan menulis perilaku warga negara Indonesia, siswa dapat menuliskan perilaku warga
4. Dengan kegiatan menulis perilaku warga negara Indonesia, siswa dapat menuliskan perilaku warga
negara Indonesia sebagai upaya mempertahankan kemerdekaan NKRI dengan tepat.
B.Kegiatan Pembelajaran
B.Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan (10 Menit)
v Orientasi, apersepsi dan motivasi peserta didik
Kegiatan Inti (150 menit)
1. Guru meminta siswa membaca teks bacaan dengan judul “ Hak Sebagai Warga Negara Indonesia”
v Orientasi, apersepsi dan motivasi peserta didik
Kegiatan Inti (150 menit)
1. Guru meminta siswa membaca teks bacaan dengan judul “ Hak Sebagai Warga Negara Indonesia”
yang ada pada buku siswa maupun yang dibagikan melalui grup Whatsapp/classroom.
2. Siswa menjawab pertanyaan guru berdasarkan teks bacaan yang telah dibaca. Critical thingking
3. Guru menjelaskan pengertian teks non fiksi dan pengertian tentang gagasan utama dengan rekam
2. Siswa menjawab pertanyaan guru berdasarkan teks bacaan yang telah dibaca. Critical thingking
3. Guru menjelaskan pengertian teks non fiksi dan pengertian tentang gagasan utama dengan rekam
suara yang dikirim melalui grup Whatsapp/classroom.
4. Siswa mengidentifikasi kalimat utama dan gagasan utama dari setiap paragraph pada teks non fiksi
4. Siswa mengidentifikasi kalimat utama dan gagasan utama dari setiap paragraph pada teks non fiksi
yang telah disajikan dengan cara menuliskan dalam bentuk table. Communication
5. Siswa berdiskusi Bersama keluarga/orang tua tentang pasal-pasal yang mengatur tentang hak warga
negara.
6. Siswa menuliskan perilaku yang mencerminkan sikap mempertahankan kemerdekaan NKRI.
Kegiatan Penutup (15Menit)
1. Guru memberikan refleksi dan Bersama siswa menyimpulkan kegiatan pembelajaran hari ini melalui
Kegiatan Penutup (15Menit)
1. Guru memberikan refleksi dan Bersama siswa menyimpulkan kegiatan pembelajaran hari ini melalui
grup Whatsapp/Classroom/Google Meet.
C.Penilaian
a. Rubrik Berlatih ( Penilaian Bahasa Indonesia)
b. Rubrik Mengamati dan Berdiskusi ( Penilaian PPKn )
c. Rubrik membaca ( Penilaian IPS )
Pinrang, 10 Januari 2020
Mengetahui,
Kepala UPT SDN 7 Pinrang Guru Kelas VI
MUHAMMAD SYUKUR H,S.Pd SYAMSURYA, S.Pd.SD
NIP.197105111997031005 NIP.198404242006042013
C.Penilaian
a. Rubrik Berlatih ( Penilaian Bahasa Indonesia)
b. Rubrik Mengamati dan Berdiskusi ( Penilaian PPKn )
c. Rubrik membaca ( Penilaian IPS )
Pinrang, 10 Januari 2020
Mengetahui,
Kepala UPT SDN 7 Pinrang Guru Kelas VI
MUHAMMAD SYUKUR H,S.Pd SYAMSURYA, S.Pd.SD
NIP.197105111997031005 NIP.198404242006042013
Sangat membantu bu,,makasihhh👍
ReplyDeletesemoga sukses
ReplyDelete